Selasa, 25 Januari 2011

Mengapa Memanfaatkan Blog?

Mereka yang Tidak Memanfaatkan Blog

Memiliki blog sendiri bukanlah suatu prasyarat untuk mendapatkan keuntungan dari apa yang terjadi di dalam blogsphere. Tentu, dengan mendapatkan masukan langsung, menetapkan diri anda sebagai seorang thought leader, dan menyediakan ruang bagi para pelanggan anda untuk saling berkomunikasi dalam situs web anda, merupakan hal-hal yang sangat bagus. Namun bisnis anda mampu mendapatkan hal-hal berharga dari blogging walau anda tidak memiliki blog.

Namun demikian, anda harus menyadari bahwa sebuah percakapan akan berlangsung terus dan percakapan itulah yang ingin anda pengaruhi dan mengawasi apa yang telah terjadi di dalam blogsphere baik ketika anda memiliki atau tidak blog anda sendiri.

Technorati.com mengawasi blog-blog seperti seekor rajawali. Ia memperbolehkan anda untuk mencari blog, baik untuk hal-hal tertentu (seperti nama perusahaan anda atau produk-produk anda) atau untuk alamat web tertentu (seperti situs web perusahaan anda) untuk melihat siapa saja yang sedang berbicara tentang anda. Technorati juga menyediakan bagian penting lainnya seperti seberapa banyak blogger yang terhubung kepada seseorang yang sedang membicarakan anda atau yang terhubung dengan anda. Layanan-layanan yang mirip Technorati juga membiarkan anda untuk melacak link pesaing anda, hal ini dapat merupakan salah satu layanan penyelidikan terkuat dan paling bersaing yang anda pernah gunakan, karena memberikan anda umpan balik dan informasi yang sesungguhnya kepada para pesaing anda dan tantangan yang harus mereka hadapi. Tidak hanya anda  akan mendapatkan kebijaksanaan berdasarkan masukan dari para pelanggan, tetapi anda juga akan dapat menghindari kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh para pesaing anda.

Saya tidak akan menyarankan anda untuk mempertimbangkan blog-blog yang terhubung dengan 1000 blog lebih dibandingkan dengan blog-blog yang hanya memilki sekitar 10 atau 20 blog yang terhubung dengannya, anda harus sadar akan jangkauan dari masing-masing blogger, dan perlakukan blogger dengan hormat seperti yang patut diperoleh setiap pelanggan. Namun, waspadalah jika seorang blogger yang memiliki banyak pendengar tersinggung maka para pendengarnya pun juga akan marah. Begitu pula sebaliknya, pelaku sabotase yang pemarah ini terkadang dapat berubah menjadi seorang pelanggan setia yang kuat, seperti setiap situasi yang buruk memiliki potensi untuk dapat menghasilkan hasil yang lebih hebat, ketika ditangani dengan cepat, terbuka dan rasa hormat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog pemasaran online ini