Rabu, 26 Januari 2011

Kisah Sukses Blog ‘The General Motors’

Kisah Dari Blog ‘The General Motors’

Pada januari 2005, sebuah peristiwa penting terjadi, Bob Lutz, wakil komisaris dari General Motors mulai blogging. Lutz merupakan pemimpin eksekutif pertama dari perusahaan non-teknologi Fortune 100 yang menjadi penyumbang utama bagi blog. Gayanya yang khas dan pendekatannya yang berhasrat menciptakan saluran komunikasi yang sama sekali baru bagi GM (The General Motors), memperbolehkan para pelanggan untuk terlibat dengan dirinya secara langsung tentang produk-produk, layanan-layanan dan masa depan dari perusahaan. Lutz juga memiliki hasrat yang sama kepada perancangan mobil seperti kepada blognya, yang mana merupakan bagian penting untuk menjadi blogger yang berhasil di segala tingkat dalam perusahaan dan dia secara terus menerus menunjukkan keyakinannya kepada para pendengarnya dan dalam blogging.

Dalam waktu hanya lima bulan, blog Fastlane milik GM menjadi salah satu suara terpenting yang tidak disaring di Internet, sebagai mana perusahaan mengekspresikan dirinya dengan bebas melalui Lutz dan eksekutif lainnya, dan seperti para pelanggan yang telah belajar bahwa suara-suara mereka didengar. Banyak pengemar mobil yang sering mengunjungi blog Fastlane, seperti usaha awal blogging dari GM, yaitu the Smallblock Engine Blog, mengundang Lutz yang mau dan mampu menjadi penghubung bagi orang-orang yang berhasrat pada mobil umumnya, dan pada kendaraan-kendaraan buatan GM khususnya, merupakan hal yang menular.

Kebanyakan dari post yang ada diblog Fastlane, seperti pada blog-blog milik GM lainnya, menarik banyak orang, paling sedikit ratusan komentar, menciptakan komunitas yang dinamis, berhasrat dan bersemangat. Jika ada keraguan bila blogging itu hanya sekadar sebuah percakapan yang terjadi antar perusahaan, pelanggan dan bloggers, blog Fastlane telah menyingkirkan keragu-raguan tersebut. Menurut Feedster Top 500 untuk Agustus 2005, Blog Fastlane berada di antara 500 blog teratas di Internet, dan kemauan dari tim dibelakang blog tersebut untuk belajar dan beradaptasi kepada blogging merupakan hal yang luar biasa.

GM menjadi salah satu dari beberapa perusahaan pertama yang menciptakan podcast (sebuah radio online yang didistribusikan langsung ke alat pemutar MP3), yang mana menjadi terkenal di lingkungan pelanggannya. Blog, Podcast, dan interaksi keseluruhan dengan pelanggan menyediakan GM umpan balik langsung yang bernilai dari para pelanggannya, para pemilik dan para penggemar kendaraan, tentang apa yang mereka pikirkan dari GM sebagai sebuah perusahaan, sebagai pembuat mobil, dan sebagai penemu. Umpan balik semacam ini tidak mungkin mampu diperoleh perusahaan dengan cara-cara lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog pemasaran online ini