Jumat, 21 Januari 2011

Blogging Sebuah Pilihan

Blogging Sebuah Pilihan Tetap Untuk Berbisnis

Sudah jelas jika anda tidak blogging, anda akan kehilangan pelanggan yang seharusnya anda mampu dapatkan, anda kehilangan pelanggan yang sudah ada sekarang, anda kehilangan pengaruh yang seharusnya anda gunakan, dan anda kehilangan peluang untuk membangun hubungan yang dapat menegaskan keberadaan perusahaan anda. Ketika para pelanggan anda berbicara, anda berkewajiban untuk terlibat dengan mereka.

Hal terbaik dari blogging adalah adanya keuntungan bisnis yang anda dapat, baik jika anda memiliki atau tidak blog sendiri, anda masih dapat mendengarkan pelanggan anda dan terlibat dengan mereka walaupun blog tersebut bukan milik anda. Sudah pasti, dengan memiliki blog sendiri akan memberikan keuntungan yang lebih banyak, seperti misalnya para pelanggan dapat langsung berkomunikasi dengan anda, anda dapat menciptakan pengalaman positif pada blog anda, dan membuat pendapat orang-orang pada blog anda terhubung dengan perusahaan anda.

Setiap bisnis memiliki pilihan untuk diambil, baik mengabaikan blogging atau memeluknya. Blogging tidak akan pergi begitu saja seperti yang dialami oleh situs-situs web biasa. Tidak lama lagi, para pelanggan akan dengan mudah menganggap bahwa sudah seharusnya setiap perusahaan memiliki blog. Bisnis baik akan berpartisipasi dan terlibat atau mengabaikan dan manjauhi dirinya sendiri.

Semakin banyak pelanggan yang mencari bisnis yang dapat melakukan lebih dari hanya sekadar menyediakan harga termurah, mereka juga mencari sebuah hubungan. Perusahaan-perusahaan yang terus memberikan potongan harga, berhemat dan memperlakukan pelanggan seadanya, akan terseret dalam perlombaan menuju ke dasar. Di sisi yang lain, bisnis yang menghargai pelanggannya, terlibat dengan mereka, dan mengajak mereka berpartisipasi terhadap masa depan perusahaan, terlibat dalam perlombaan yang berbeda yaitu perlombaan menuju puncak. Dalam perlombaan manakah yang lebih anda pilih untuk terlibat? Apa yang terjadi pada perusahaan-perusahaan yang memenangkan perlombaan menuju ke dasar? Apakah mereka bisa bertahan, maju dengan pesat atau tenggelam? Bagaimana dengan perusahaan-perusahaan yang memenangkan perlombaan menuju puncak dari pasar mereka? Hanya waktu yang dapat menentukannya. Apa pun jalan yang dipilih, para pelanggan memperhatikannya. Perusahaan-perusahaan seperti JetBlue dan WestJet, keduanya terlibat dalam perlombaan menuju puncak, mampu mengalahkan para pesaing besarnya seperti United Airlines dan Delta Airlines di industri penerbangan. Terutama karena maskapai penerbangan yang sukses ini memperhatikan para pelanggannya melalui blogging.

Para pelanggan peka terhadap harga hanya ketika anda juga peka terhadap harga, akan jauh lebih bernilai bagi bisnis dan pelanggan anda untuk memusatkan pada nilai unik yang anda ciptakan, misalnya Starbucks, Apple computers, dan BMW. Kepekaan terhadap harga merupakan hasil ciptaan perusahaan yang mengikuti apa yang pasar lakukan, dan selama ini lebih baik untuk menetapkan pasar daripada harus melayaninya.

Dalam setiap industri, di setiap benua, perusahaan-perusahaan mengabdikan diri untuk melayani para pelanggannya dengan ikut serta dalam memberikan pengalaman yang terpusat pada pelanggan menghadapi tantangan yang sama, yaitu mengelola pertumbuhan. Blogging, mendengarkan pada blog dan berpartisipasi dalam percakapan, merupakan perluasan dari bisnis yang terpusat pada pelanggan. Kapan pun anda menghargai pelanggan anda, mereka akan menjadi pelanggan setia terhebat bagi perusahaan anda dan akan melakukan pemasaran untuk anda. Blog dapat melakukan pemasaran walaupun mereka dapat membantu anda dalam mengembangkan produk dan hubungan masyarakat, atau bahkan membuka pasar dan peluang yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog pemasaran online ini