Rabu, 29 Desember 2010

Jenis Pelanggan

Macam-Macam Karakter Pelanggan

Pelanggan Setia
Adalah pelanggan yang memperoleh banyak sekali pengalaman positif dari perusahaan dan atau produk anda, sehingga setiap ada kesempatan yang berkaitan dengan perusahaan, produk dan atau pelayanan anda, mereka merasa harus menceritakan pengalamannya kepada setiap orang. Banyak perusahaan yang menikmati manfaat dari pelanggan semacam ini. Contohnya perusahaan komuputer ‘Apple’, para pelanggan setianya sangat bergairah bahkan mereka sampai mengatakan bahwa ‘Apple’ adalah sebuah kepercayaan. Pelanggan seperti ini merupakan orang-orang yang bergairah yang dapat mengubah bisnis anda, dan mata uang yang mereka gunakan adalah pengalaman yang positif.

Pelanggan Tetap
Adalah pelanggan yang menikmati produk atau pelayanan anda. Mereka mungkin mengakuinya tetapi bukan sebagai yang terbaik di dunia, dan mereka tetap membeli dikarenakan nilainya, mungkin karena termurah atau mereka belum menemukan yang lebih baik. Mereka menerima cukup pengalaman positif dari perusahaan anda sehingga beberapa pengalaman negative dapat dianggap sebagai hal yang lumrah jika diperbandingkan.

Pelanggan yang Setengah hati
Pelanggan yang pernah mendapat pengalaman negative dari perusahaan anda, dan sering kali pengalaman buruk itu sampai pada titik di mana mereka telah menduganya, apakah itu berkaitan dengan pelayanan buruk atau produk jelek di setiap transaksi, namun terkadang mereka juga terkejut senang dan puas ketika mendapatkan pengalaman yang sebaliknya dengan anda atau produk anda. Pada umumnya mereka dapat menerima bila mereka harus bertransaksi dengan anda. Pelanggan jenis ini sering terombang-ambing antara puas dan tidak puas.

Pelanggan yang Terpaksa
Adalah pelanggan yang sama sekali tidak menikmati produk atau pelayanan anda, tetapi mereka akan membelinya dari anda jika terpaksa dan hanya jika benar-benar terpaksa. Beberapa orang yang sering makan di restoran cepat saji sering terjerumus dalam keadaan seperti ini, meskipun mereka tidak akan menyebarkan atau membicarakan tentang apa yang mereka beli, mereka akan tetap membelinya jika benar-benar diperlukan.

Pelanggan Sabotase
Adalah pelanggan yang memiliki banyak sekali pengalaman buruk (atau mungkin hanya sedikit tetapi pengalaman tersebut sangat buruk), yang mana membuat mereka berusaha sekuat tenaga untuk melakukan apa pun yang dapat menjatuhkan atau merusak bisnis anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog pemasaran online ini