Senin, 20 Desember 2010

Blog Untuk Bisnis

Membangun Blog Untuk Kelancaran Bisnis

Bayangkan bila anda dapat mendengarkan jutaan orang, ibatar seekor lalat di dinding, dimana-mana di antara mereka adalah pelanggan, karyawan, saingan dan rekan kerja anda bahkan pers. Ketika sedang membicarakan bisnis, iklan, dan produk anda. Kemudian bayangkan juga bila anda dapat menggunakan informasi-informasi yang paling terbaru ini untuk menentukan apa yang diinginkan para pelanggan, bagaimana mereka menginginkannya, apa yang akan mereka beli pada akhirnya, dan seberapa besar mereka mau membayar untuk mendapatkannya. Inilah kekuatan dari sebuah blog.

Mendasari keputusan bisnis anda pada umpan balik dari pelanggan dan survey pasar, merupakan langkah bisnis terpandai yang pernah anda ambil. Dan webblog atau yang sering disebut dengan blog dapat memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk melakukan hal tersebut. Bahkan blog memiliki potensi tidak hanya untuk mengubah cara berkomunikasi dengan pelanggan, meningkatkan cara pandang dan mendapatkan langsung dari pelanggan, tapi juga dapat mengubah cara perusahaan anda dalam melakukan bisnis

Dengan menggunakan blog anda dapat mengurangi beban e-mail anda, memfasilitasi proses brain storming untuk menghasilkan ide-ide baru lebih cepat dan menyederhanakan beraneka ragam tugas dari manajemen proyek. Blog sangat kuat sehingga apabila mereka dikatakan dapat merevolusi bisnis anda maka itu merupakan suatu pernyataan yang merendahkan, padahal blog memiliki kekuatan untuk menciptkan peluang-peluang bisnis, mengubah arah jalan sejarah politik, mengubah pandangan media massa terhadap dirinya sendiri.

Seperti kebanyakan alat komunikasi lainnya, blog dapat memperluas kemampuan perusahaan beroperasi dan pada akhirnya menciptakan peluang-peluang baru, untuk pertumbuhan, perkembangan produk, dan pengawasan mutu. Bagaimanapun juga, blog telah membawa komunikasi ini selangkah lebih jauh di mana dia dapat membangkitkan aspek-aspek terbaik dari pemasaran umum dan mengubah hal-hal tersebut dari komunikasi satu arah ke dalam dialog dua arah.

Blog tumbuh dan berkembang pesat atas dasar usaha dari kalangan bawah, dimana dimulai dari beberapa orang yang berbincang-bincang mengenai hobby yang sama melalui pemasangan informasi secara real-time di Internet lalu kemudian menjelma menjadi perbincangan secara terus menerus di antara para pengguna dan pembaca blog. Hal yang paling menonjol dari blog bukanlah dari teknologinya, tetapi adanya komunitas besar yang menggerakan lingkungan bog tersebut (blogsosphere).

Dengan adanya jutaan bloggers (orang-orang yang memanfaatkan blog) yang mengekspresikan pemikiran, pengalaman dan informasi yang mereka pelajari di dalam bidangnya masing-masing, media ini menjadi sebuah forum yang meliputi seluruh dunia.

Sebagian pembicaraan tersebut mungkin tentang perusahaan anda, di mana berupa berita baik atau berita buruk. Bagaimanapun juga, berita yang terburuk adalah apabila tidak ada satu pun dari jutaan suara di sana yang membicarakan tentang perusahaan atau produk-produk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog pemasaran online ini