Kamis, 23 Desember 2010

Yang Dapat Dilakukan Blog

Yang Dapat Dilakukan Blog

Sebuah blog umum yang terbuka dan jujur, yang dibuat oleh otoritas dari dalam perusahaan anda, mengizinkan bisnis anda untuk menciptakan berbagai pengalaman yang berbeda antara anda dan pelanggan anda, dan mengizinkan anda untuk menciptakan percakapan resmi yang tampaknya tidak mungkin dilakukan sebelum adanya blog secara online. Bloging berarti perusahaan anda tidak perlu lagi bergantung pada jajak pendapat yang mahal, formulir kuisioner, e-mail dan metode-metode lainnya yang makan waktu dan membosankan untuk mendapatkan umpan balik.

Jika anda ingin mengetahui mengapa produk terbaru anda kurang laris, anda dapat menanyakannya kepada pelanggan anda melalui blog, mereka akan memberitahukan apa yang sebenarnya. Jika belakangan ini ada eksekutif perusahaan anda yang dipecat karena skandal perusahaan, anda dapat meluruskan hal ini diblog anda dengan pemikiran terbuka. Kejujuran semacam itulah yang dapat meninggalkan kesan balik pada pelanggan anda, di mana akan terlihat lebih nyata daripada artikel-artikel di media lainnya yang membahas masalah yang sama. Yang lebih penting lagi adalah setiap orang membaca blog anda berdasarkan kehendak mereka sendiri, di mana mereka mengunjungi blog anda untuk mengetahui apa yang akan anda katakan. Blog mungkin merupakan satu-satunya alat pemasaran yang paling mendekati kebenaran.

Salah satu kesalahan terbesar bagi perusahaan adalah memandang blog sebagai cara lain untuk mengirimkan pesan-pesan pemasaran yang sudah ketinggalan zaman. Tidak ada orang yang minat untuk membaca hal-hal seperti itu di dalam sebuah blog. Blog sebenarnya hanya mengenal 3 hal, yaitu:

1. informasi
memberitahukan kepada pelanggan anda tentang apa yang anda sedang kerjakan dan mengetahui apa yang sedang mereka pikirkan.

2. Hubungan
Membangun dasar yang kokoh dari pengalaman-pengalaman positif dengan pelanggan anda di mana mengubah mereka dari sekadar seorang pelanggan menjadi seorang pembawa pesan bagi perusahaan dan produk anda.

3. Manajemen Ilmu Pengetahuan
Mempunyai banyak pengetahuan yang tersimpan dalam perusahaan anda yang dapat digunakan oleh orang yang tepat dan pada saat yang tepat.

Tanpa adanya blog, pesan-pesan perusahaan akan disaring habis-habisan oleh humas atau media massa yang ditunjuk oleh para eksekutif dan manajer perusahaan untuk berbicara langsung kepada pelanggan, apakah itu terjadi di toko-toko milik perusahaan, di dalam kapal terbang perusahaan, atau di saat acara khusus yang sengaja disiapkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Nilai dari umpan balik pelanggan secara langsung sudah jelas dan blog menyediakannya dalam skala dunia.

Blog secara efektif merupakan bentuk dari iklan gratis yang diharapkan pelanggan anda. Blog juga mudah untuk ditelusuri, memberikan arti untuk menghasilkan dan menilai pembicaraan, dan mengizinkan anda untuk menciptakan suatu pengalaman positif, dan pada akhirnya bisa mendapatkan pelanggan yang setia, cukup dengan menjadi diri sendiri.

Anda juga dapat menggunakan blog untuk kepentingan internal misalnya untuk membantu para karyawan menghasilkan dan berani mencoba ide-ide baru, melibatkan dan memotivasi karyawan dan meningkatkan kemampuan anda dalam berkomunikasi dalam perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog pemasaran online ini