Kamis, 30 Desember 2010

Komunikasi Dengan Pelanggan

Komunikasi Dengan Pelanggan Menggunakan Blog

Salah satu alasan penggunaan blog menjadi suatu fenomena adalah bahwa mengubah alat-alat seperti riset pasar dan pengujian produk dari sebuah pandangan secara global menjadi tingkat interaksi manusia secara perorangan. Jika terdapat suatu blog tentang perusahaan anda, anda dapat dengan mudah mengirimkan e-mail kepada para penggunanya untuk menanyakan berbagai pertanyaan. Jika terdapat suatu artikel pada blog mengenai perusahaan anda, baik yang mengkhawatirkan ataupun yang menggembirakan, anda dapat mengambil peluang tersebut untuk menciptakan pengalaman positif dan menanggapinya secara langsung dan benar.

Lebih daripada itu, jika anda memiliki blog pribadi, anda dapat langsung menanyakan kepada pelanggan tentang pemikiran mereka. Memikirkan untuk meluncurkan sejumlah minuman baru? Tanyakan kepada pelanggan anda jenis minuman apa yang mereka sukai. Hendak meluncurkan perangkat lunak baru? Tanyakan kepada pelanggan anda fitur-fitur apa saja yang mereka inginkan dan yang tidak mereka inginkan, dan seberapa besar mereka mau membayar untuk mendapatkannya?

Blog adalah segala sesuatu tentang percakapan, dan perlu diingat agar terlibat dalam cara yang bermanfaat, dan anda harus dapat menciptakan pengalaman yang positif kepada orang yang sedang anda tanggapi dan kepada semua orang yang membaca artikel tersebut di masa mendatang.

Rabu, 29 Desember 2010

Jenis Pelanggan

Macam-Macam Karakter Pelanggan

Pelanggan Setia
Adalah pelanggan yang memperoleh banyak sekali pengalaman positif dari perusahaan dan atau produk anda, sehingga setiap ada kesempatan yang berkaitan dengan perusahaan, produk dan atau pelayanan anda, mereka merasa harus menceritakan pengalamannya kepada setiap orang. Banyak perusahaan yang menikmati manfaat dari pelanggan semacam ini. Contohnya perusahaan komuputer ‘Apple’, para pelanggan setianya sangat bergairah bahkan mereka sampai mengatakan bahwa ‘Apple’ adalah sebuah kepercayaan. Pelanggan seperti ini merupakan orang-orang yang bergairah yang dapat mengubah bisnis anda, dan mata uang yang mereka gunakan adalah pengalaman yang positif.

Pelanggan Tetap
Adalah pelanggan yang menikmati produk atau pelayanan anda. Mereka mungkin mengakuinya tetapi bukan sebagai yang terbaik di dunia, dan mereka tetap membeli dikarenakan nilainya, mungkin karena termurah atau mereka belum menemukan yang lebih baik. Mereka menerima cukup pengalaman positif dari perusahaan anda sehingga beberapa pengalaman negative dapat dianggap sebagai hal yang lumrah jika diperbandingkan.

Pelanggan yang Setengah hati
Pelanggan yang pernah mendapat pengalaman negative dari perusahaan anda, dan sering kali pengalaman buruk itu sampai pada titik di mana mereka telah menduganya, apakah itu berkaitan dengan pelayanan buruk atau produk jelek di setiap transaksi, namun terkadang mereka juga terkejut senang dan puas ketika mendapatkan pengalaman yang sebaliknya dengan anda atau produk anda. Pada umumnya mereka dapat menerima bila mereka harus bertransaksi dengan anda. Pelanggan jenis ini sering terombang-ambing antara puas dan tidak puas.

Pelanggan yang Terpaksa
Adalah pelanggan yang sama sekali tidak menikmati produk atau pelayanan anda, tetapi mereka akan membelinya dari anda jika terpaksa dan hanya jika benar-benar terpaksa. Beberapa orang yang sering makan di restoran cepat saji sering terjerumus dalam keadaan seperti ini, meskipun mereka tidak akan menyebarkan atau membicarakan tentang apa yang mereka beli, mereka akan tetap membelinya jika benar-benar diperlukan.

Pelanggan Sabotase
Adalah pelanggan yang memiliki banyak sekali pengalaman buruk (atau mungkin hanya sedikit tetapi pengalaman tersebut sangat buruk), yang mana membuat mereka berusaha sekuat tenaga untuk melakukan apa pun yang dapat menjatuhkan atau merusak bisnis anda.

Selasa, 28 Desember 2010

Pelanggan Adalah Aset

Pelanggan Adalah Aset

Sering kali pelaku bisnis menganggap pelanggan mereka hanyalah sebuah baris pendapatan dalam suatu kertas laporan. Pelaku bisnis menghabiskan waktu untuk memikirkan cara mendapatkan uang yang lebih banyak dari mereka, menganalisa seberapa sering mereka berbisnis kembali dengan perusahaan, seberapa banyak yang mereka belanjakan pada setiap perusahaan, seberapa banyak yang mereka belanjakan pada setiap kunjungannya, dan memikirkan seberapa banyak pelanggan berbelanja atas produk tertentu. Namun pelanggan harus dapat lebih diperhatikan daripada hanya diaggap sebagai suatu sumber pemasukan saja.

Pengalaman pelanggan dapat bermacam-macam mulai dari yang sangat tidak puas sampai kepada yang sangat puas, di mana kedua jenis pelanggan tersebut dapat memberikan pengaruh besar terhadap reputasi perusahaan.

Bagi beberapa orang tidak ada yang lebih menakutkan daripada membuka pintu terhadap umpan balik dari para pelaggan, sampai mereka menyadari bahwa ada hal yang lebih menakutkan daripada mendengarkan apa yang hendak dikatakan para pelanggan yaitu tidak mendengarkannya dan merasakan akibat yang ditimbulkannya.

Jika ide untuk mendengarkan umpan balik dari pelanggan menakutkan anda, tanyakan pada diri anda sendiri mengapa? Apakah anda takut bila pelayanan anda di bawah rata-rata dan tidak bisa diperbaiki lagi? Anda harus bertanggung jawab terhadap tindakan anda. Lebih baik memiliki pelanggan yang tidak bahagia mengetuk pintu anda daripada tidak ada pelanggan sama sekali. Perlu diingat bahwa pelanggan yang tidak bahagia adalah pelanggan yang sedang menuggu untuk dibuat bahagia.

Senin, 27 Desember 2010

Cara Memperlakukan Pelanggan

Perlakukan Pelanggan Dengan Baik

Tiap perusahaan yang sukses menggunakan berbagai macam tolok ukur ketika membandingkan dirinya dengan perusahaan lain yang sejenis. Pelaku bisnis ingin berhasil dalam pasar sekarang, yang cenderung interaktif dan berpihak pada pelanggan, harus dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain selain faktor keuangan. Perusahaan perlu menghargai pengetahuan yang tersedia untuk mereka peroleh dari masukan para karyawan dan pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan tidak membingungkan pelanggan dengan istilah pemasaran yang sedang popular seperti ‘konsumen’. Konsumen adalah seseorang yang anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan, sedangkan pelanggan merupakan aset bagi perusahaan. Pelanggan adalah manajer produksi anda yang terbaik evangelists dan mungkin merupakan satu-satunya orang di dunia yang memberitahukan secara jujur tentang perusahaan anda. Cara termudah untuk membantu pelanggan untuk lebih terlibat secara positif dan bersemangat terhadap bisnis anda adalah dengan berbicara kepada mereka dan memperlakukan mereka sebagai rekan kerja anda.

CEO dari JetBlue, David Neeleman menyadari jika di awal tidak berbicara dengan pelanggannya maka ia tidak akan pernah dapat membangun sebuah perusahaan penerbangan yang memperhatikan pelanggannya. Neelmen telah menjadi pemberitaan di berbagai macam majalah bisnis. Ketika ia terbang, ia terbang seperti yang lainnya, bahkan ia mengendarai juga ikut mengantri seperti yang lainnya, boleh dikatakan ia seperti penumpang biasa, setidaknya sampai pesawat lepas landas. Kemudian ia berjalan sepanjang koridor pesawat sambil berbicara dengan penumpang lainnya untuk mendengarkan pendapat mereka.

Pada akhirnya, kelangsungan hidup setiap perusahaan ditentukan oleh sebaik apa perusahaan tersebut melayani, membantu, dan berinteraksi dengan pelanggannya. Pengalaman dari setiap pelanggan dapat menjadi sebuah ukuran menyeluruh atas keberhasilan atau kegagalan perusahaan. Neeleman berusaha sekuat tenaga tidak hanya mengurangi jumlah pengalaman negative pelanggan terhadap JetBlue, tetapi juga menciptakan lingkungan yang positif di mana ia memimpin dengan memberikan contoh kepada para karyawannya agar selalu melayani setiap pelanggan dengan baik.

Minggu, 26 Desember 2010

Jalan Pemikiran Blogging

Jalan Pemikiran Blogging

Selama beberapa dekade, setiap bisnis berusaha untuk mengetahui apa keinginan pelanggan mereka melalui jajak pendapat terhadap sekelompok masyarakat tertentu. Sejalan dengan bertambah rumitnya dunia bisnis dan pasar yang semakin bersaing, informasi semacam itu menjadi tidak memadai bagi sebagian besar pelaku bisnis. Survey semacam itu tidak menyediakan informasi yang cukup berharga bagi kelangsungan hidup suatu produk.

Menyadari adanya keterbatasan dari metode tersebut di atas, perusahaan-perusahaan memutuskan bahwa mereka harus mengetahui lebih banyak tentang siapa pelanggan mereka, bagaimana mereka berinteraksi dengan perusahaan, dan bagaimana perusahaan dapat menjangkau pelanggan mereka dengan benar. Ide untuk dapat melihat hal-hal itu dari sisi pelanggan merupakan konsep yang bagus, tetapi hal tersebut sebenarnya tidak akan pernah tercapai karena terbatasnya metode pemasaran dan alat-alat komunikasi yang tersedia saat itu.

Perangkat lunak Customer Relationship Management (CRM) dirancang untuk mencoba mengumpulkan informasi dari berbagai system guna mendapatkan sebuah ide tidak hanya tentang apakah pelanggan telah berinteraksi dengan bisnis anda, tetapi juga interaksi macam apa yang terjadi, siapa saja yang terlibat, dan manfaatnya bagi perusahaan. Sayangnya sebagian besar perusahaan tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan atas pertanyaan-pertanyaan berikut ini: Apakah pelanggan akan membeli produk perusahaan? Ataukah hanya sekadar bertanya atau memberi komentar saja? Dan apakah interaksi yang dilakukan pelanggan itu benar-benar dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya?

Perangkan lunak CRM tidak menjelaskan informasi yang dikumpulkannya, melainkan hanya menyediakan gudang informasi saja. CRM juga tidak menghasilkan data dari apa yang benar-benar pelanggan pikirkan, juga tidak menyediakan cara untuk menunjang data-data CRM ini, maka para pelaku bisnis mempekerjakan ahli-ahli Customer Relationship (CR) dan para evangelist (orang-orang yang tugas utamanya membuat pelanggan menyadari tentang produk-produk perusahaan, yang pada dasarnya berinteraksi langsung dengan para pelanggan).

Pada kebanyakan bisnis, hal tersebut dapat menciptakan suatu nilai tambah, tetapi dalam prakteknya hal tersebut sulit untuk diterapkan mengingat banyaknya jumlah pelanggan. Di mana masing-masing staf CR hanya memiliki waktu terbatas, dan untuk membina hubungan dengan pelanggan-pelanggan yang dapat memberikan imbalan terbesar (pelanggan-pelanggan yang berbelanja dalam jumlah banyak) dan mengakibatkan pelanggan-pelanggan lainnya terabaikan.

Sabtu, 25 Desember 2010

Pengguna Blog Yang Sukses

Mereka Yang Sukses Berkat Blog

Perusahaan-perusahaan menggunakan blog pada tingkat yang luar biasa, dari perusahaan-perusahaan besar sepeti Microsoft dan Boeing sampai kepada perusahaan-perusahaan kecil seperti usaha jahit Thomas Mahon dan Firma Pemasaran dan Hubungan Masyarakat milik Elisa Camahort, bisnis dari berbagai lapisan yang sedang menggunakan kekuatan revolusioner dari blog untuk menciptakan pengalaman positif, meningkatkan pengaruh dan menyediakan dialog secara rutin. Mungkin beberapa dari mereka akan menjadi pesaing bisnis anda, beberapa diantaranya akan menjadi rekan kerja anda dan juga bukan tidak mungkin ada sebagian blog yang dibuat oleh karyawan anda.

Dari kumpulan blog milik General Motors (GM) yang terkenal dan dihormati sampai ke penggunaan blog oleh Disney Channel sebagai alat untuk berkomunikasi secara internal, semakin banyak perusahaan yang berpaling di masa sekarang dan di masa depan bagi perusahaan mereka. Blog mengizinkan pelanggan dan rekan kerja mereka untuk melihat apa yang sedang perusahaan lakukan setiap harinya, di mana dapat menjadi kekuatan pendorong bagi pelanggan untuk tetap berbisnis dengan perusahaan tersebut melalui blog.

Blog milik GM yang terkenal FastLane Blog menyebarluaskan berita, menyediakan informasi bagi para penggemar dan menciptakan sebuah ruang komunitas di mana ribuan pemujanya dapat berdiskusi tentang apa yang terpenting bagi mereka. GM juga telah menciptkaan sebuah blog khusus yang diberi nama Smallblock Engine untuk melibatkan pelanggan yang memiliki minat khusus. Menciptakan tempat di mana pelanggan dapat membicarakan tentang apa yang terpenting bagi mereka, merupakan salah satu dari sekian banyak cara bisnis yang dapat anda lakukan menggunakan blog untuk meningkatkan komunikasi, menegaskan kembali merek dagang anda dan mengubah cara anda berbisnis.

Microsoft merupakan salah satu perusahaan terbesar dan tersukses di dunia, mengetahui kekuatan dari blog. Ribuan manajer produksi, para pengembang, penguji dan eksekutif Microsoft menggunakan blog untuk berbicara langsung dengan pelanggan secara jelas dan bertanggung jawab, mendegarkan keluhan, usulan-usulan dan ide-ide dari pelanggan mereka dan untuk menelusuri apa saja yang telah dikatakan pelanggan dan rekan kerja mereka. Pada kenyataannya Microsoft menggunakan penelitian blog secara mendalam sehingga setiap tim pengembang produknya diarahkan untuk melihat umpan balik yang ada di dalam blog sebelum mereka membuat perubahan yang berarti terhadap aplikasi yang sedang dibuatnya. Blog tidak mengatur Microsoft, tetapi mereka menyediakan suatu tingkatan umpan balik yang belum pernah terjadi bagi perusahaan di mana dibutuhkan untuk mendapatkan informasi sesungguhnya dari para pelanggan tentang produk-produk mereka, sebelum terlambat memperbaikinya.

Pemilik tim basket “Dallas Mavericks”, Marc Cuban mulai menggunakan blog karena ia telah memberikan tanggapan secara mendalam terhadap setiap pertanyaan dari para wartawan, hanya untuk mendapatkan hasil dimana para reporter dan penulis rubrik hanya menulis apa yang mereka inginkan dan dirinya merasa seperti sapi perahan dengan mendukung pernyataan mereka. Dia melihat blog merupakan cara yang cocok untuk menampilkan posisinya di dalam suatu topik secara menyeluruh tanpa harus khawatir informasi yang disampaikannya akan disingkat. Cuban membangun suatu blog yang mengizinkan ia untuk mengekspresikan pemikirannya berkenaan dengan masalah dan hobi. Hasrat pada blog-nya terlayani dengan memberikan energi kepada penggemar timnya lebih jauh.

Jumat, 24 Desember 2010

Istilah Dalam Blog

Istilah Dalam Blog

-Blog: Suatu situs web yang terdiri dari blog spots, atau masukan yang ditulis oleh para blogger, dimana pada umumnya teratur rapi kedalam beberapa kategori topik dan tersusun secara terbalik berdasarkan urutan kronologisnya. Kebanyakan blog mengizinkan pembacanya untuk memberikan komentar atas blog posts perorangan.
-Blog Posts: Merupakan artikel perorangan yang dipasang ke dalam blog (dengan menggunakan blogware) oleh blogger.
-Blogger: seseorang yang mengelola blog atau seseorang yang memasang artikel ke dalamnya dengan menggunakan blogware.
-Blogsphere: Merupakan komunitas dari para blog, blogger dan blog posts.
-Blogware: Perangkat lunak yang digunakan untuk menciptakan blog posts dan mengatur blog.
-The Conversation: Hal yang terjadi ketika para blogger saling berkomunikasi dalam blog.
-Permalinks: Hubungan permanen yang terlampir pada sebuah artikel tertentu yang dipasang dalam suatu blog.
-Trackbacks: Merupakan URL yang dipakai oleh para blogger lain untuk menyebutkan artikel atau bagian dari artikel tersebut. Sebagai contoh ketika anda, blogger A menulis tentang sesuatu yang telah dipasang blogger B dalam blognya. Lebih baik membiarkan blogger B tahu bahwa dirinya telah disebut di dalam blog anda. Trackbacks akan mengirim blogger B sebuah e-mail dengan catatan bahwa blog-nya telah disebutkan.

Kamis, 23 Desember 2010

Yang Dapat Dilakukan Blog

Yang Dapat Dilakukan Blog

Sebuah blog umum yang terbuka dan jujur, yang dibuat oleh otoritas dari dalam perusahaan anda, mengizinkan bisnis anda untuk menciptakan berbagai pengalaman yang berbeda antara anda dan pelanggan anda, dan mengizinkan anda untuk menciptakan percakapan resmi yang tampaknya tidak mungkin dilakukan sebelum adanya blog secara online. Bloging berarti perusahaan anda tidak perlu lagi bergantung pada jajak pendapat yang mahal, formulir kuisioner, e-mail dan metode-metode lainnya yang makan waktu dan membosankan untuk mendapatkan umpan balik.

Jika anda ingin mengetahui mengapa produk terbaru anda kurang laris, anda dapat menanyakannya kepada pelanggan anda melalui blog, mereka akan memberitahukan apa yang sebenarnya. Jika belakangan ini ada eksekutif perusahaan anda yang dipecat karena skandal perusahaan, anda dapat meluruskan hal ini diblog anda dengan pemikiran terbuka. Kejujuran semacam itulah yang dapat meninggalkan kesan balik pada pelanggan anda, di mana akan terlihat lebih nyata daripada artikel-artikel di media lainnya yang membahas masalah yang sama. Yang lebih penting lagi adalah setiap orang membaca blog anda berdasarkan kehendak mereka sendiri, di mana mereka mengunjungi blog anda untuk mengetahui apa yang akan anda katakan. Blog mungkin merupakan satu-satunya alat pemasaran yang paling mendekati kebenaran.

Salah satu kesalahan terbesar bagi perusahaan adalah memandang blog sebagai cara lain untuk mengirimkan pesan-pesan pemasaran yang sudah ketinggalan zaman. Tidak ada orang yang minat untuk membaca hal-hal seperti itu di dalam sebuah blog. Blog sebenarnya hanya mengenal 3 hal, yaitu:

1. informasi
memberitahukan kepada pelanggan anda tentang apa yang anda sedang kerjakan dan mengetahui apa yang sedang mereka pikirkan.

2. Hubungan
Membangun dasar yang kokoh dari pengalaman-pengalaman positif dengan pelanggan anda di mana mengubah mereka dari sekadar seorang pelanggan menjadi seorang pembawa pesan bagi perusahaan dan produk anda.

3. Manajemen Ilmu Pengetahuan
Mempunyai banyak pengetahuan yang tersimpan dalam perusahaan anda yang dapat digunakan oleh orang yang tepat dan pada saat yang tepat.

Tanpa adanya blog, pesan-pesan perusahaan akan disaring habis-habisan oleh humas atau media massa yang ditunjuk oleh para eksekutif dan manajer perusahaan untuk berbicara langsung kepada pelanggan, apakah itu terjadi di toko-toko milik perusahaan, di dalam kapal terbang perusahaan, atau di saat acara khusus yang sengaja disiapkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Nilai dari umpan balik pelanggan secara langsung sudah jelas dan blog menyediakannya dalam skala dunia.

Blog secara efektif merupakan bentuk dari iklan gratis yang diharapkan pelanggan anda. Blog juga mudah untuk ditelusuri, memberikan arti untuk menghasilkan dan menilai pembicaraan, dan mengizinkan anda untuk menciptakan suatu pengalaman positif, dan pada akhirnya bisa mendapatkan pelanggan yang setia, cukup dengan menjadi diri sendiri.

Anda juga dapat menggunakan blog untuk kepentingan internal misalnya untuk membantu para karyawan menghasilkan dan berani mencoba ide-ide baru, melibatkan dan memotivasi karyawan dan meningkatkan kemampuan anda dalam berkomunikasi dalam perusahaan

Rabu, 22 Desember 2010

Berkomunikasi Melalui Blog

Cara Berkomunikasi Melalui Blog

Pada kenyataannya selain blog merupakan sebuah media, blog juga merupakan content style. Karena blog versi awal dibangun atas dasar prinsip-prinsip dari pendapat yang benar, kujujuran dan otoritas, kebanyakan blog diharapkan dapat memiliki kualitas-kualitas tersebut, dimana hal-hal ini terbukti semakin diperlukan terutama bagi blog milik perusahaan. Sudah merupakan kebiasaan bila para pembaca blog (meskipun dia masih baru) untuk membaca pendapat pribadi sebagaimana juga yang mereka harapkan dari blog milik perusahaan. Hal ini menimbulkan tantangan yang unik bagi para pemimpin bisnis untuk dapat memahami blog sebagai konsep dari keterbukaan dan kebenaran yang jarang didapat dalam praktek-praktek perusahaan pada umumnya.

Oleh karena mereka tersedia untuk umum di Internet, blog menjadi terbuka luas, dan siap untuk berinteraksi dengan semua pelanggan anda. Blog mengizinkan pelanggan untuk mendengarkan apa yang ada dipirkan anda, dan blog juga menciptakan suatu ruang bagi pelanggan agar dapat mengatakan kepada anda dengan tepat apa yang sedang mereka pikirkan. Blog juga merupakan hal terbaik keuda selain dari mengunjungi pelanggan anda satu per satu, karena blog dapat memberikan anda dan perusahaan anda suatu cara untuk menciptakan dan membina hubungan yang lebih erat dengan pelanggan anda.

Upaya pemasaran sebelumnya selalu berupa pengiriman pesan satu arah dari perusahaan yang ditujukan kepada public sebanyak mungkin, seperti iklan, popup windows dan sejenisnya di internet. Dengan blog anda yang akan terlibat dengan pelanggan anda, seperti setiap pembaca akan membaca blog anda karena memang itu yang mereka inginkan dan setiap pembaca memilih untuk berinteraksi dengan bisnis anda, dan tiap pembaca ingin mendengarkan lebih banyak dari anda. Cara komunikasi baru yang hebat ini dapat menciptakan dan memperkuat keyakinan pelanggan dengan cara yang tampaknya mustahil sebelum blog muncul.

Senin, 20 Desember 2010

Blog Untuk Bisnis

Membangun Blog Untuk Kelancaran Bisnis

Bayangkan bila anda dapat mendengarkan jutaan orang, ibatar seekor lalat di dinding, dimana-mana di antara mereka adalah pelanggan, karyawan, saingan dan rekan kerja anda bahkan pers. Ketika sedang membicarakan bisnis, iklan, dan produk anda. Kemudian bayangkan juga bila anda dapat menggunakan informasi-informasi yang paling terbaru ini untuk menentukan apa yang diinginkan para pelanggan, bagaimana mereka menginginkannya, apa yang akan mereka beli pada akhirnya, dan seberapa besar mereka mau membayar untuk mendapatkannya. Inilah kekuatan dari sebuah blog.

Mendasari keputusan bisnis anda pada umpan balik dari pelanggan dan survey pasar, merupakan langkah bisnis terpandai yang pernah anda ambil. Dan webblog atau yang sering disebut dengan blog dapat memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk melakukan hal tersebut. Bahkan blog memiliki potensi tidak hanya untuk mengubah cara berkomunikasi dengan pelanggan, meningkatkan cara pandang dan mendapatkan langsung dari pelanggan, tapi juga dapat mengubah cara perusahaan anda dalam melakukan bisnis

Dengan menggunakan blog anda dapat mengurangi beban e-mail anda, memfasilitasi proses brain storming untuk menghasilkan ide-ide baru lebih cepat dan menyederhanakan beraneka ragam tugas dari manajemen proyek. Blog sangat kuat sehingga apabila mereka dikatakan dapat merevolusi bisnis anda maka itu merupakan suatu pernyataan yang merendahkan, padahal blog memiliki kekuatan untuk menciptkan peluang-peluang bisnis, mengubah arah jalan sejarah politik, mengubah pandangan media massa terhadap dirinya sendiri.

Seperti kebanyakan alat komunikasi lainnya, blog dapat memperluas kemampuan perusahaan beroperasi dan pada akhirnya menciptakan peluang-peluang baru, untuk pertumbuhan, perkembangan produk, dan pengawasan mutu. Bagaimanapun juga, blog telah membawa komunikasi ini selangkah lebih jauh di mana dia dapat membangkitkan aspek-aspek terbaik dari pemasaran umum dan mengubah hal-hal tersebut dari komunikasi satu arah ke dalam dialog dua arah.

Blog tumbuh dan berkembang pesat atas dasar usaha dari kalangan bawah, dimana dimulai dari beberapa orang yang berbincang-bincang mengenai hobby yang sama melalui pemasangan informasi secara real-time di Internet lalu kemudian menjelma menjadi perbincangan secara terus menerus di antara para pengguna dan pembaca blog. Hal yang paling menonjol dari blog bukanlah dari teknologinya, tetapi adanya komunitas besar yang menggerakan lingkungan bog tersebut (blogsosphere).

Dengan adanya jutaan bloggers (orang-orang yang memanfaatkan blog) yang mengekspresikan pemikiran, pengalaman dan informasi yang mereka pelajari di dalam bidangnya masing-masing, media ini menjadi sebuah forum yang meliputi seluruh dunia.

Sebagian pembicaraan tersebut mungkin tentang perusahaan anda, di mana berupa berita baik atau berita buruk. Bagaimanapun juga, berita yang terburuk adalah apabila tidak ada satu pun dari jutaan suara di sana yang membicarakan tentang perusahaan atau produk-produk anda.